Translate

Jumat, 19 Juli 2013

5 Tips Melakukan Corporate Blogging

5 Tips Melakukan Corporate Blogging

Facebook It:SukaBiasaBenci
Berkembangnya web 2.0 dan dunia digital marketing akhir-akhir ini ikut membuat banyak perusahaan-perusahaan yang mulai melirik internet sebagai tool yang efektif untuk keperluan branding, marketing, PR, advertising, dan sebagainya.
Nah, salah satu tool yang digunakan beberapa perusahaan di Indonesia untuk kebutuhan online marketingnya adalah blog.
Namun, dari pengamatan pribadi saya, baru sedikit sekali perusahaan yang melakukan blogging dengan benar. Kebanyakan, blog dibiarkan terlantar dan tidak terurus. Kalaupun ada isinya, biasanya hanya berisi kata-kata yang singkat, tidak berkualitas, atau cuma artikel yang sekedar copas dari artikel lain.
Lalu, bagaimanakah tips-tips praktis untuk melakukan corporate blogging?  Berikut sharing tips dari saya.
1. Blog Harus Terlihat Professional
Dalam melakukan corporate blogging, terlihat professional itu sangat penting karena menyangkut nama baik dan brand image perusahaan.
Tidak seperti personal blog, dalam melakukan corporate blogging Anda tidak bisa menggunakan bahasa yang terlalu gaul, casual, dengan tampilan blog yang “norak” yang dibanjiri iklan Google Adsense.
Pilihlah template blog yang clean, simple, professional, dan selaras dengan brand image perusahaan. Jangan gunakan Google Adsense atau bentuk-bentuk iklan banner tidak relevan lainnya, karena hanya akan distract pengunjung blog Anda dan merusak brand image.
2. Buat Agar Mudah Terindex Search Engine (Google)
Sama dengan personal blog, SEO (search engine optimization) juga sangat penting untuk corporate blogging.
Tujuannya adalah agar blog Anda mudah terindex oleh search engine seperti Google untuk keyword-keyword yang Anda inginkan, sehingga blog Anda mudah ditemukan oleh target audience Anda. Cara melakukan SEO untuk blog dapat Anda searching di Internet karena ada banyak sumber yang membagikan tips-tips SEO (termasuk blog ini sendiri).
3. Jadikan Blog Sebagai PR Tool
Di luar negeri, banyak perusahaan-perusahaan yang telah memanfaatkan blog sebagai salah satu channel komunikasi dan PR kepada para stakeholders.
Jika perusahaan Anda memiliki blog, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai media komunikasi PR (Public Relation) antara perusahaan Anda dengan target audience Anda. Hal ini terutama berguna ketika terjadi crisis management, dimana terjadi hal-hal yang mencemari nama baik/ reputasi perusahaan Anda.
Lebih lengkap mengenai ini akan saya bahas di lain kesempatan.
4. Berikan Tips dan Solusi Praktis
Anda mungkin bingung di awal-awal perihal apa yang hendak Anda tulis di blog perusahaan Anda.
Kesalahan yang umumnya saya temukan adalah terlalu banyak corporate blog yang isinya melulu menceritakan fitur-fitur produk, sehingga membuat visitor bosan membacanya. Daripada menceritakan produk, Anda dapat memposting artikel yang bersifat tips-tips ataupun sesuatu yang sifatnya member solusi.
Misalnya Anda mengelola blog perusahaan di bidang percetakan.
Daripada menulis “Ukuran dan Harga Cetak di Perusahaan Kami”, Anda dapat menulis tentang “Tips Melakukan Desain Pada Brosur”. Dengan demikian, Anda akan dipandang sebagai “sang ahli” di bidangnya, sehingga meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda.
5. Munculkan Brand Anda di Blog
Ini merupakan hal kecil yang sering dilupakan. Pastikan logo perusahaan Anda muncul di blog Anda di tempat-tempat yang noticeable, misalnya di sisi kanan blog. Selain itu, nama perusahaan juga harus muncul di Meta Title, karena itulah yang pertama kali dibaca kalau seandainya muncul di halaman 1 search engine.
Contoh corporate blogging dapat Anda lihat di salah satu blog yang saya kelola saat ini, yaitu blog tentang CCTV dan produk fire and security lainnya. Tips-tips yang saya bagikan disini merupakan hasil pengalaman dari mengelola blog tersebut. Silahkan teman-teman memberikan masukan dan tambahan tips-tips lainnya.
Semoga bermanfaat.
Hendra Deddy
Visit my blog: http://indolokbaktiutama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar