Translate

Jumat, 19 Juli 2013

SEO For Domain Untuk Bersaing di SERP

SEO For Domain Untuk Bersaing di SERP

Facebook It:SukaBiasaBenci
Ketika awal mula anda membuat sebuah blog, tentunya anda mempunyai sebuah tujuan untuk apakah anda membuat blog tersebut. Apakah blog anda nanti akan anda jadikan sebagai ladang usaha, bisnis online, diari dunia maya, atau mungkin hanya untuk sekedar sharing. Segala tujuan tersebut akan menentukan dan menjadikan motivasi bagi anda untuk melakukan optimasi blog supaya blog anda memperoleh pengunjung. Demikian juga, anda harus menentukan dari manakah anda akan mendapatkan pengunjung tersebut.
Jika anda menginginkan sebuah blog yang ramai dengan pengunjung dan memperoleh unique visitor setiap harinya, tentu yang menjadi sasaran optimasi anda adalah search engine (SEO). SEO bisa anda lakukan mulai sejak pembuatan blog tersebut, apakah menggunakan domain sendiri atau subdomain. Penentuan dua hal ini penting untuk menentukan apakah blog kita nanti mampu bertahan di SERP.
Sebelum membahas lebih jauh, SERP merupakan singkatan dari Search Engine Result Page atau hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo. Sebuah blog akan lebih bertahan lama di SERP jika kita benar-benar memperhatikan SEO pada unsur domain. Untuk mengetahui ini, Anda bisa melakukan eskperimen sendiri untuk mencoba memasukkan beberapa keyword popular di search engine Google. Setelah itu anda bisa perhatikan hasil pencarian yang muncul pada urutan pertama. Diduduki oleh domain-domain seperti apakah biasanya.
Dari eksperimen dan pengamatan yang sering kita lakukan di hasil pencarian Google, domain yang selalu muncul pada posisi top ten (top sepuluh) besar Google adalah domain dot com (.com) kemudian menyusul dot org (.org) dan juga dot net (.net). Beberapa mungkin kita mendapati yang bertahta di posisi awal adalah domain .co.id, ini dikarenakan anda menggunakan Google Indonesia (google.co.id) sebagai search engine. Karena domain-domain seperti ini akan selalu muncul berdasarkan wilayah domain yang mereka gunakan, misalnya domain .co.id atau or.id selalu muncul pada Google Indonesia. Berbeda lagi jika kita menggunakan Google wilayah lain seperti google us, maka domain yang muncul bisa juga dot us (.us).
Dari kesimpulan tersebut, secara keseluruhan domain dot com, dot org atau dot net lebih bersifat internasional, artinya pada semua wilayah domain ini akan selalu muncul. Meskipun blog dengan domain dot com kita menggunakan bahasa Indonesia akan bisa muncul juga di google international yang notabene kita ketahui menggunakan bahasa Inggris. Namun ini tidak bisa kita jadikan patokan karena pencarian search engine juga tergantung dari keyword yang dipakai, apakah menggunakan bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa lainnya.
Dengan mengetahui domain mana saja yang mampu menembus posisi 10 besar Google, maka anda bisa menggunakan domain dot com ini sebagai domain blog/website. Dengan domain dot com ini, anda tidak perlu tenaga ekstra dalam melakukan optimasi supaya bisa muncul di halaman pertama Google, jika dibandingkan dengan menggunakan domain selain dot com. Hanya dengan sedikit optimasi heading, title, alt tag, maupun keyword density anda sudah mampu menembus halaman pertama Google. Semoga bermanfaat.
Muji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar