Translate

Jumat, 19 Juli 2013

Google Search – Sejarah Bisnis dan Cara Kerjanya

Google Search – Sejarah Bisnis dan Cara Kerjanya

Google Search - Screenshot by Adatopik-blogspot-com
Google search (Google Pencarian) adalah salah satu dari deretan mesin pencari konten internet yang paling banyak digunakan seantero dunia hingga saat ini, Google Search adalah bagian dari produk Google inc. yang paling utama dan telah membesarkan nama Google di mata pengguna internet.
Google Search ditemukan / diciptakan oleh dua bersahabat pada tahun 1996, Larry Page dan Sergey Brin kala itu sama sama adalah mahasiswa PhD di Stanford University, California.
Sebelum mereka membuat mesin pencari ini (Google Search) kedua mahasiswa tersebut melakukan beberapa penelitian terkait keunikan link dan apa saja kelebihannya dalam menentukan nilai (value) sebuah web page (halaman internet) yang akan disajikan sebagai jawaban atas query (kata kunci pencarian) yang diketikkan pada mesin pencari. Pada saat Larry Page dan kawannya melakukan penelitian tersebut kala itu sudah ada alat-alat pencarian yang digunakan untuk mencari halaman halaman internet berdasarkan kata kunci yang diketikkan namun belum neggunakan link value sebagai salah satu elemen untuk menentukan besar kecilnya nilai sebuah web page sebelum menyuguhkannya kepada pengguna sebagai hasil pencarian.
Mesin pencari bentukan larry page yang mengandalkan backlink untuk menentukan value sebuah website tersebut pada awalnya diberi nama BackRub yang pada akhirnya mereka ganti dengan sebutan Google, kata google sendiri adalah pelesetan dari “Googol” yang berarti 10 pangkat 100, nama ini dikatakan untuk menunjukkan bahwa Google memiliki jumlah halaman yang tak terhingga pada index daftar halaman internet mereka.
Cita-cita dua pemuda bersahabat itu rupanya bukan cuma hayalan, saat ini Google adalah raksasa mesin pencari yang paling banyak digunakan dan jumlah halaman internet dan konten konten digital yang ada dalam index-nya sulit untuk dipastikan berapa jumlah dan ragamnya sebab detik ke detik jumlah tersebut semakin bertambah dan diyakini akan terus bertambah dengan semakin banyaknya pengguna dan penerbit online baik secara individu, kelompok atau perusahaan.
Cara kerja Google dalam mengerjakan tugas-tugas pencarian sangatlah sederhana yakni mengumpulkan laman-laman internet yang diizinkan pemiliknya kedalam dokumen khusus yang disimpan dalam server mereka (Indexing) yang mana dokumen inilah nantinya yang akan digunakan untuk menjawab query (kata kunci) kepada user ketika menggunakan kotak telusur mereka yang saat ini tak hanya ada di alamat Google.com namun juga pada domain-domain lainnya dan bahkan disematkan kedalam website website yang bukan milik google sendiri, namun begitu untuk menerangkan cara kerja Google dalam mengindeks sebuah halaman beserta algoritma yang digunakan secara teknikal tentunya akan sangat rumit apalagi sampai menyentuh bagaimana cara mereka membuat software tersebut, mmmm… ini tentunya bagian para programmer dan Webmaster yang menguasi bidangnya.
Lalu jika hendak berbicara mengenai bagaimana Google mendapatkan uang melalui alat telusur mereka?, tentunya yang paling menonjol bisnisnya adalah “Adwords“, Adwords adalah bagian dari Google dimana mereka mengumpulkan iklan-iklan text dan gambar melalui para pengiklan lalu menampilkannya kedalam halaman hasil telusur mereka kepada pengguna dengan memperhatikan relevansi dengan kata kunci maupun sejarah / history pencarian yang dilakukan oleh pengguna tersebut, melalui bisnis menampilkan iklan ini google menghasilkan jutaan dollar perbulannya. Untuk mengatahui bagaimana cara mengiklankan bisnis anda di google search serta berapa besar dana yang harus anda sipakan silahkan kunjungi halaman resmi mereka di Google adwords.
Untuk diketahui, Google inc. saat ini tidak hanya berbisnis pada mesin telusur namun mereka telah melebarkan sayap bisnis mereka ke toko online dan sistem / alat pembayaran internet serta aplikasi browser dan lain sebagainya, anda bisa menelusuri semua produk google pada halaman daftar produk mereka di halaman produk google.
Halaman singkat tentang Google search ini tentunya sangat jauh untuk mencukupi semua kebutuhan anda akan informasi tentang bisnis google search , anda bisa melanjutkan kesini untuk melanjutkan penelusuran anda mengenai Google Search, atau jika anda ingin berbagai pengetahuan silahkan gunakan kotak komentar yang ada di bawah halaman ini.
Semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar